-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bersama Brin ,IFISH FAQ DAN KOMUNITAS DINAS PERIKANAN SUKABUMI DATA POTENSI PERIKKANAN DARAT

Bersama Brin ,IFISH FAQ DAN KOMUNITAS DINAS PERIKANAN SUKABUMI DATA POTENSI PERIKKANAN DARAT


Mahardikapos.com kab Sukabumi - Dinas Perikanan Kab. Sukabumi bekerjasama dengan project IFish FAO lakukan pendataan potensi perikanan darat bersama komunitas pemancing Sukabumi, di Aula Kecamatan Cidahu, Sabtu 24 Desember 2022..

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan Kab. Sukabumi Nunung Nurhayati beserta jajaran, perwakilan BRINDr. Triyanto, unsur IFish FAO,. Imron Rosadi, Komunitas Komunitas Pemancing Ikan Liar Sukabumi (KOMPILASI), Komunitas Beunteur Mania (BM) serta Komoditas Go Fishing (GOFIS).

Pembahasan difokuskan pada pendataan hasil tangkapan di perairan darat periode Agustus- Desember 2022, evaluasi pengisian logbook dan peningkatan kapasitas SDM melalui materi ekosistem sungai dan sumberdaya ikan serta 

pentingnya pendataan perikanan wee.

Kepala Dinas Perikanan menyampaikan bahwa kehadiran komunitas pemancing sangat membantu dalam proses pendataan produksi 

perikanan darat. Data yang diperoleh dari komunitas pemancing kemudian diolah menjadi sumber informasi yang nantinya akan dijadikan bahan kebijakan. 

"Pemancing juga berkontribusi pada pengelolaan dan menjaga kondisi lingkungan sungai seperti menjaga dari cemaran sampah dan pengawasan penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkunganseperti racun dan setrum" ungkap Nunung.

Setelah diberikan materi mengenai ekosistem sungai dan sumberdaya ikan serta pentingnya pendataan perikanan darat oleh BRIN selaku 

narasumber, Komunitas pemancing memiliki pengetahuan mengenai : lokasi perairan umum daratan diantaranya : sungai, situ, danau dan embung, Faktor lingkungan yang mempengaruhi kondisi perairan diantaranya :arus, suhu dan oak og.


Selain itu difahami juga bahwa Komunitas ikan pada sistem perairan sungai akan terbentuk sesuai dengan karakter habitat yang ada pada bagian wilayah sungai. Karakter habitat yang berbeda pada setiap bagian sungai dengan 

sendirinya akan menentukan susunan komunitas biota yang hidup di tipe perairan tersebut 

"Karena itu pemanfaatan sumberdaya 

ikan dengan bijak dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap keberlanjutan perikanan di perairan darat. Adapun hal yang dapat di 

lakukan oleh komunitas adalah dengan melakukan rilis atau pelepasliaran kembali induk ikan yang tertangkap, agar dapat terus bereproduksi di alam" pungkas Nunung.


Reporter ( red) 

indopostonline@gmail.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.