-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Babinsa Palabuhanratu Laksanakan Monitoring Kegiatan Sreening Tuberkolosis

Babinsa Palabuhanratu Laksanakan Monitoring Kegiatan Sreening Tuberkolosis

 


Mahardikapos.com kab Sukabumi-Penyakit TBC (Tuberkulosis) adalah suatu penyakit bakteri menular yg berpotensi serius terutama mempengaruhi paru-paru. Bakteri penyebab TB menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Dalam rangka melaksanakan deteksi dini penyakit tidak menular dan screening TBC kepada warga masyarakat, Kementerian Kesehatan yang bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Palabuhanratu dan Babinsa Palabuhanratu dari Koramil 0622-02/Palabuhanratu jajaran Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi Serda Zaiful Ansori melaksanakan pendampingan kegaiatan Sreening Tuberkolosis yang bertempat di halaman Kantor Kelurahan Palabuhanratu, Senin (30/01/2023).

Serda Zaiful Ansori mengungkapkan, tujuan dari kegiatan screening TBC/AFC kepada masyarakat ini adalah melakukan deteksi dini dan pemantauan/monitoring serta  tindak lanjut faktor resiko penyakit tidak menular di masyarakat.

“Hal ini dikarenakan pasien TBC/AFC tidak melakukan pemeriksaan kesehatan setelah mengkonsumsi obat dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh dokter baik dari Puskesmas maupun Rumah Sakit untuk mereka berobat,” ungkapnya.

Salah satu tenaga kesehatan dari Puskesmas Palabuhanratu  juga menjelaskan, screening TBC/AFC diawali dengan melakukan pendaftaran identitas peserta sesuai dengan KTP/Kartu BPJS kemudian dilanjutkan dengan wawancara faktor resiko penyakit tidak menular serta pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan, pemeriksaan  tekanan darah serta  Gula Darah Sewaktu (GDS).

Selain itu, peserta juga dilakukan pemeriksaan rontgen dan dahak agar hasilnya lebih optimal.

Reporter (Novita)

indopostonline@gmail.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.