-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Desa pangkalan menjadi salah satu lokasi pelepasliaran ikan sebagai upaya pelestarian

Desa pangkalan menjadi salah satu lokasi pelepasliaran ikan sebagai upaya pelestarian

Mahardika | Sukabumi


Pada hari Sabtu 19 Maret 2023 berlokasi di Sungai Pasirrarangan Desa pangkalan Kecamatan Cikidang kepala dinas perikanan Menghadiri kegiatan perilisan ikan di Sungai Pasirrarangan bersama dengan perangkat desa pangkalan sebagai upaya pelestarian ikan lokasi di Sukabumi dengan didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Tangkap , Perangkat Desa Pangkalan Kec. cikidang 


Dalam pembahasan itu di hasil kan lah beberapa point terkait


1. Kegiatan perilisan ikan ini  di prakarsai oleh kepedulian desa pangkalan terhadap upaya pelestarian ikan di daerahnya , desa mengajukan permohonan permintaan benih ikan untuk di rilis di Sungai Pasirrarangan ke Dinas Perikanan. 


2. Adapun jenis ikan yang dilepasliarkan adalah ikan nilem sebanyak 3.000 ekor. Ikan nilem merupakan jenis ikan Lokal di kabupaten Sukabumi ,ikan ini merupakan ikan yang hidup liar di perairan umum terutama di sungai-sungai yang berarus sedang dan berair jernih Ikan nilem merupakan ikan ekonomis yang mudah di dapatkan dan disukai sebagai produk makanan untuk pemenuhan gizi di masyarakat.


3. Kadis perikanan juga turut mengajak masyarakat sekitar agar ikut serta dan bersinergi dalam upaya pelestarian ikan dan lingkungan, adapun kegiatan yang dapat dilakukan seperti : Bersih sungai, Penanaman pohon di Sempadan sungai, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan alat tangkap yang berbahaya bagi biota perairan seperti penggunaan setrum dan racun, serta bersama sama mengawasi pembuangan limbah langsung yang berbahaya ke sungai. 


4. Kadis perikanan juga menyampaikan bahwa kegiatan perilisan ikan ini harapannya dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat setempat, nantinya ikan yang ada dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi masyarakat, sebagai bentuk komitmen dinas perikanan dalam menurunkan angka stunting. 


5. Disampaikan juga bahwa harapannya kegiatan ini dapat ditularkan oleh seluruh perangkat desa, kepedulian yang tinggi terhadap pelestarian ikan ini dapat membantu upaya pengelolaan perairan darat di Kabupaten Sukabumi secara berkelanjutan.


(Yopi)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.