-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PT. SCG dan PT. Tambang Semen dalam pengembangan ekonomi produktif berencana membentuk kampung lele

PT. SCG dan PT. Tambang Semen dalam pengembangan ekonomi produktif berencana membentuk kampung lele

Mahardikapos | sukabumi


Pada hari Kamis, 2 Maret 2023 bertempat di MD Office PT Semen SCG dilaksanakan lah Rapat dan Diskusi Pembentukan Kampung Lele


Hasil Sebagai tindak lanjut dari program GESARI yang digagas oleh SCG, Dinas Perikanan dan SCG (Semen Jawa) melakukan rapat pembahasan mengenai pembentukan Kampung Lele di Desa Sukamaju dan Desa Wangunreja Kecamatan Nyalindung. Program ini merupakan implementasi dari program Pemberdayaan masyarakat PT. SCG dan PT. Tambang Semen dalam pengembangan ekonomi produktif. 


Pencanangan Kampung Lele ini sejalan dengan program Dinas Perikanan, dimana pada akhir tahun 2022 Dinas Perikanan sudah mengusulkan kedua desa tersebut untuk ditetapkan sebagai Kampung Perikanan Budidaya dengan Komoditas lele kepada KKP. 


Desa Sukamaju sudah sejak tahun 2021 menjadi desa binaan Dinas Perikanan dan PT. SCG dalam hal pembenihan ikan lele, berawal dari 1 kelompk pembudidaya kini tumbuh menjadi 4 kelompok dengan anggota mencapai 60 orang dengan luas areal pembenihan sekitar 1.5 Ha.  


Salah satu program kerja untuk tahun 2023 ini adalah sertifkiasi CPIB ( Cara Pembenihan Ikan yang Baik) dan percontohan budidaya ikan lele dengan sasaran sekolah menengah yang ada di sekitar Desa Sukamaju dengan tujuan menumbuhkan jiwa entrepreunuer dalam bidang perikanan untuk para lulusan sekolah nanti diharapkan akan menghasilkan pembudidaya ikan milenial yang juga secara tidak langsung mendukung program kerja dari Gubernur Jawa Barat tentang petani milenial.


Untuk mewujudkan Kampung Lele ini diharapkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat , swasta , akademisi dan media bisa terwujud sehingga konsep pentahelic dalam pembangunan dengan tujuan untuk mengembangkan inovasi serta mendukung terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) dalam mencapai percepatan pembangunan ekonomi,  ketahanan pangan dan energi, kesejahteraan, dan perbaikan lingkungan hidup.


(Yp)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.