-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Aliansi Ormas Ponsal Soroti Pengerjaan Peningkatan Jaringan Irigasi ( DAK) Dari Dinas PUTR, Diduga Tidak Sesuai Spek Dan Volume

Aliansi Ormas Ponsal Soroti Pengerjaan Peningkatan Jaringan Irigasi ( DAK) Dari Dinas PUTR, Diduga Tidak Sesuai Spek Dan Volume

LKI Channel - Purwakarta


Aliansi Ormas kecamatan pondok salam yang terdiri dari 5 Lembaga ; Ormas GIBAS,LSM GMBI, LSM Laskar Merah Putih,LSM GNRI soroti adanya pengerjaan Peningkatan jaringan Irigasi di leuwi urug desa pondok bungur kecamatan pondok salam dengan anggaran dari Dana Alokasi Khusus tahun 2024 melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten purwakarta dengan nilai anggaran yang sangat pastastis sebesar Rp. 1.283.637.000 Nomor 14/SPMK.SDA/PPK.LUG/11/2024 oleh CV. Widya Duta Pratiwi. 


Dalam pantauan awak media bersama Aliansi Ormas Pondok Salam ke lokasi proyek hari senin tanggal 18/05/2024 dan kamis tanggal 21/03/2024 yang dikerjakan selama 90 hari kalender, ditemukan beberapa pengerjaan yang tidak sesuai serta tidak di cantumkannya volume pekerjaan di papan kegiatan proyek. 


Seharusnya setiap pekerjaan yang di danai oleh anggaran pemerintah baik dari pusat maupun daerah masyarakat wajib mengetahui nya dan mengkoreksi sebagai bentuk kepedulian warga terhadap pembangunan di wilayahnya. 


Adanya UU KIP No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik bertujuan untuk menjamin hak warga negara mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan. 


Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat ikut serta pengambilan kebijakan dan pengambilan keputusan yang tepat untuk memperoleh informasi yang di perlukan. 


Menurut Rafid yang merupakan salah satu Perwakilan Aliansi Ormas Kecamatan Pondok Salam ketika beberapa kali ke lokasi proyek menyampaikan bahwa banyak yang harus di koreksi,dengan dana yang begitu pantastis sangat di sayangkan apabila dalam pengerjaannya asal asalan. 


Untuk galian pembuatan pondasi kebawahnya pun tidak dalam hanya sedikit saja, ditakutkan apabila pondasi kedalamnya tidak dalam atau asal nempel ditakutkan nantinya akan cepat ambruk atau rusak. 


Aliansi Ormas Pondok Salama meminta kepada dinas terkait agar pengawasannya lebih extra terhadap proyek pembangunan ini,karena dana yang dikucurkan begitu pantastis. Kami dari Aliansi kecamatan pondok Salam pun akan terus memantau dan melaksanakan pengawasan dilapangan.


Menurut kami dari Aliansi Ormas Pondok Salamdinas pekerjaan jauh dari spek dan adanya penyempitan saluran karena kelebaran saluran irigasi sebelum ada pekerjaan 1 meter lebih, tetapi setelah adanya pembangunan menyempit, batu pun sebagian ngambilnya disungai Ciherang dan galian untuk pemasangan pondasi nya pun diduga asal asalan , karena kami lihat untuk kedalamannya tidak digali lagi. 


Ada di beberapa titik yang dari pintu air sebelah saja dibangun karena sudah ada sebagian yang sudah ada tpt nya , sedangkan dana yang di kucurkan begitu besar dan fantastis, kami pun menduga ada sesuatu antara dinas dengan pihak pemborong. 


Oleh karena itu Aliansi Ormas/Lembaga Pondok Salam meminta dinas terkait untuk turun sama sama memantau dan terus mengawasi,kalau perlu ayo kita lakukan pengukuran ulang volume pekerjaannya. Tegas Rafid Perwakilan dari Aliansi Ormas/lembaga kecamatan pondok salam. 


Adapun dari dinas PUTR yang turun kelapangan tidak ada teguran sama sekali terhadap kerjaan yang di duga asal asalan,sehingga menimbulkan kecurigaan dan tanda tanya,adanya dugaan dinas dengan pemborong bermain mata . Pungkasnya


( Yana)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.