-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kembangkan Budidaya ikan Di Pesantren,Dinas Perikanan Monitoring Di purabaya

Kembangkan Budidaya ikan Di Pesantren,Dinas Perikanan Monitoring Di purabaya


Mahardikapos.com kab Sukabumi -Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Monitoring kegiatan budidaya ikan di Pondok Pesantren Al-Ittihad  dan Al- Ihyaul Irsyad Purabaya, Rabu, 18 Januari 2023

Seperti diketahui Budidaya ikan di lingkungan pesantren memiliki banyak manfaat. Selain untuk melatih kewirausahaan, hasil budidaya juga bisa dimanfaatkan mencukupi kebutuhan gizi para santri serta mendukung program gemar makan ikan yang sedang digalakkan oleh pemerintah.

Ponpes Al-ittihad dan Ponpes Ihyaul Irsyad. Kedua ponpes tersebut sudah masuk kedalam daftar ponpes yang mendukung program OPOP (One Pesantren One Product). Komoditas perikanan di pesantren sudah terbukti bisa diandalkan dalam ajang perlombaan OPOP.

 Pada tahun 2021 Ponpes Al- Istyirok di Kec. Waluran menjuarai lomba OPOP tingkat provinsi dengan komoditas ikan lele, sementara pada tahun 2022 giliran Ponpes Al-Masturiyah Cisaat yang menjadi pemenang lomba OPOP tungkat Provinsi Jawa Barat. 

Budidaya ikan yang sudah biasa dilakukan di Ponpes umumnya adalah ikan nila, mas dan lele. Kedepannya Dinas Perikanan berharap Pondok Pesantren tersebut dapat mengembangkan ikan sidat yang merupakan komoditas unggulan lokal. 


" Selain memiliki nilai gizi yang tinggi ikan sidat  juga sangat bernilai ekonomis tinggi. Sehingga diharapkan selain bisa memenuhi kebutuhan gizi untuk para santri juga bisa meningkatkan pemberdayaan perekonomian pesantren" jelas Kadis Perikanan, Nunung Nurhayati 

Menurutnya   budidaya ikan  dapat disinergiskan dengan kegiatan peternakan  yang berada di Kecamatan Purabaya.  Kotoran hewan (kohe) yang dihasilkan dari hewan ternak dpat dimanfaatkan sebagai media budidaya cacing yang merupakan pakan ikan.

" Dinas Perikanan akan terus mendorong untuk peningkatan budidaya ikan sidat ini melalui program dan kegiatan yang ada" pungkas Nunung


( Red) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.